Manchester City terima suntikan modal 265 juta ponds

8-manchester-city

Induk perusahaan Manchester City telah mengumumkan investasi sebesar 265 juta ponds dari Cina, tetapi apa artinya angka tersebut bagi klub Liga Primer ini?

Kesepakatan tersebut, yang masih harus menunggu persetujuan dari sejumlah wilayah, membuat grup tersebut memiliki asset 2 miliar ponds secara total.

Induk perusahaan Manchester City City Football Group telah mengumumkan sebuah kesepakatan yang akan membuat investor dari Cina itu memiliki 13 persen saham dalam grup ini.

Konsorsium dari CMC (China Media Capital) Holding dan CITIC Capital berencana berinvestasi sebesar 265 juta ponds (400 juta US$) pada City Football Club, induk perusahaan yang menaungi Manchester City dan juga klub afiliasi mereka, yang mencakup Melbourne City dan New York City.

Sheik Mansour telah menjual 13 persen sahamnya dari perusahaan induk dengan nilai 265 juta ponds, jumlah yang kurang leibh sama yang dia keluarkan ketika membeli klub ini enam tahun lalu, memperlihatkan progress yang telah dibuat Manchester City sejak 2009.

“Ini investasi tunai yang sangat besar dari para investor kelas kakap,” ungkap David Bick.

“Bisa saya bilang ini salah satu kesepakatan finansial paling besar yang telah saya lihat dalam sepak bola.”

China Media Capital adalah sebuah firma milik negara yang berinvestasi pada budaya, teknologi, media, hiburan dan pasaran konsumen, dan mengamankan hak siar senilai $1,3 miliar bagi liga sepak bola Cina tahun lalu.

Bick mengatakan: “China Media Capital memiliki sejumlah hak siar olah raga besar di Cina, termasuk Super League, tim nasional mereka dan juga University League.

“CITIC adalah seorang manajer investasi serius yang mengejar uang bagi sejumlah institusi finansial besar di Cina dan tempat lain.”

Bick yakin City telah mencuri star dari rival mereka dengan pembelian ini, dan bisa menjauhkan diri mereka dari Chelsea dan Arsenal dalam daftar Forbes klub sepak bola termahal.

Bulan Mei 2015, Manchester City ada di peringkat kelima daftar klub termahal (905 juta ponds), di belakang Real Madrid (2,13m), Barcelona (2,07m), Manchester United (2,03m) dan Bayern Munich (1,54m). Dengan pembelian ini, diperkirakan Manchester City kini tepat ada di belakang United.